SEKILAS INFO
: - Kamis, 28-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
Berbasis IT, Sekolah dan Pesantren Masa Kini

Berbasis IT, Apa Sih Artinya?

Teknologi informasi atau biasa disingkat IT (Information Technology), saat ini seakan sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ada banyak bidang yang menggunakan IT sebagai sarana pembantunya, bahkan tak jarang yang sangat bergantung dengannya. Tak terkecuali di bidang pendidikan. IT sangat penting bagi dunia pendidikan. Dan sekolah berbasis IT pun bukan hal baru lagi saat ini. Sebenarnya apa sih sekolah berbasis IT?

Sekolah berbasis IT adalah sekolah yang memanfaatkan IT sebagai teknologi penunjang dalam proses pembelajaran para siswanya. Biasanya tak hanya menjadi teknologi pendukung, IT juga diajarkan lebih mendalam di sekolah seperti ini. SMP berbasis IT, SMA berbasis IT, pesantren berbasis IT, semua menyadari pentingnya IT untuk menunjang proses pembelajaran. Dengan IT, siswa atau santri mengenal kelas multimedia hingga e-learning.

Bagaimana Teknologi IT Mendukung Proses Belajar

Apa saja yang bisa dimanfaatkan dari IT dalam proses pembelajaran? Dengan metode belajar berbasis IT, siswa dan guru bisa saja berada di dua tempat yang berbeda secara geografis. Kebutuhan akan ruang bisa jadi tak lagi relevan dengan adanya teleconfrence antara siswa dan guru, webinar atau seminar di dunia maya juga bisa diadakan, dan sifatnya dua arah seperti seminar yang sebenarnya Jika sewa ruang terlalu mahal, IT bisa menjadi solusi yang sangat murah.

E-learning juga bisa dilakukan. Sekolah tinggal menyusun materi bahan ajar, lalu dipasang dalam sebuah server, dengan menggunakan CMS –content management system — yang free. Siswa atau santri bisa mengakses materi pembelajaran secara mandiri, tetapi mereka tetap berada dalam koridor kurikulum yang ditentukan oleh sekolah. Berbeda dengan belajar di internet, meski sama sifatnya mandiri tetapi internet tak jarang membuat siswa tersesat dan teralihkan dengan hal lain. Ibarat buku, dengan e-learning siswa bisa mengakses banyak informasi tetapi lebih mudah dalam hal akses/pencarian.

Ada banyak sekali penerapan teknologi IT dalam dunia pendidikan. Bahkan pesantren berbasis IT seperti Darul Fithrah di Sukoharjo, banyak materi multimedia berbentuk audio visual yang mendukung proses belajar bahasa Arab, buku-buku berat karangan para ulama terdahulu pun tersimpan rapi dalam folder-folder hardisk yang bisa diakses kapan saja. Tentu ini akan sangat memudahkan proses belajar para santri di Darul Fithrah.

Pondok Pesantren IT Tidak Kehilangan Jati Diri

Meski pesantren Darul Fithrah melihat pentingnya IT bagi dunia pendidikan. Tetapi Darul Fithrah tetap meyakini bahwa identitas utama sebagai lembaga pendidikan Islam, tidak bisa dilepaskan dari tahfidz Al Qur’an dan pelajaran bahasa Arab –dan juga Inggris–. IT dan bahasa memiliki posisi yang sejajar, sebagai alat untuk mempermudah dalam menuntut ilmu. Darul Fithrah meyakini, penguasaan alat tersebut bukan berarti para santrinya kehilangan ciri khas pendidikan Islam dalam hal akhlaqnya. Untuk itulah, di pesantren tahfidz Solo ini para santri dibina secara seimbang antara jasmani dan ruhani.

Jadi sejauh mana IT digunakan dalam kehidupan anda?

3 komentar

Rima ayu, Selasa, 1 Des 2020

Luar biasa ,, ingin tau lebih lanjut untuk persiapan anak saya 1 thn lagi

Balas

Lipi, Minggu, 21 Feb 2021

Sy tertarik,ingin berkunjung.saat ini anak sy kelas 5. Sy sdh mulai browsing pesantren yg cocok untuk anak sy

Balas

    musana, Kamis, 18 Nov 2021

    Silahkan um kalau ingin melihat detail tentang pondok, insyaallah akan ada ustadaz yang akan mengarahkan.

    Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip