SEKILAS INFO
: - Minggu, 15-09-2019
  • 11 bulan yang lalu / SBQ (Sehari Bersama Al Qur’an) Terkait
  • 11 bulan yang lalu / KBM libur ( khutbah bahasa inggris kelas 12 dan kelas 9) Terkait
  • 11 bulan yang lalu / KBM libur ( kerja bakti ngecor ) Terkait

SEDEKAH JARIAH

Islam merupakan agama yang sempurna yang selalu menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berbagi. Sebab agama yang baik ialah agama yang senantiasa dapat memberi kebahagiaan bagi semua kalangan.

Setiap perbuatan dan amalan shaleh yang dilakukan oleh manusia sekecil apapun itu, maka Allah SWT selalu mempertimbangkannya sebagai amalah yang akan dicatat dan dibalas dikemudian harisebagaimana dasar hukum islam . Sebagaimana dalam Firman Allah SWT :

فَمَن يَّعمَل مِثقَالَ ذَرَّةٍ خَيرًا يَّرَه

Artinya “Maka Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sebesar Zarrah, niscaya dia akan melihat (Balasan) nya.” (QS. Al- Zalzalah ayat 7).

Berbicara mengenai amalan, hal yang paling Allah anjurkan kepada seluruh umat muslim selain beribadah kepadanya ialah melakukan sedekah . Sedekah dapat berupa harta benda atau pemberian dalam bentuk apapun yang diberikan secara ikhals kepada orang yang lebih membutuhkan yang mampu menghapus dosa besar dalam islam . Sedekah ini akan membuat seseorang menjadi merasa layak dan sama sehingga tentunya pahala bagi si pemberi akan mengalir. Allah SWT berfirman :

لَنتَنَالُواْالْبِرَّحَتَّىتُنفِقُواْمِمَّاتُحِبُّونَوَمَاتُنفِقُواْمِن شَيْءٍفَإِنَّاللّهَ بِهِعَلِيمٌ

Artinya “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali- Imron ayat 92)

Jenis Sedekah Jariah

Dalam islam terdapat keleluasaan yang Allah berikan kepada manusia. Yakni berupa amalah yang akan tetap mengalir kepada anda meskipun anda telah meninggal kebalikan dari hal yang menghapus amal ibadah seperti syirik dalam islam ,dan riya’ dalam islam . Amalan tersebut dikenal sebagai sedekah amal jariyah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu didoakan orang tuanya.” (HR. Muslim, no. 1631)

Secara lebih luas dan kompleks tentunya sedekat jariah tidak hanya terpaku dalam tiga hal yang utarakan dalam hadist diatas. Untuk mengerahuinya maka simak saja 10 jenis sedekah jariah sebagai ladang meraup pahala .

1. Membangun Masjid

pesantren Darul Fithrah sekarang baru melebarkan masjid.

Berdasarkan sabda beliau :

« مَنْ بَنَى مَسْجِدًا يَبْتَغِي بِهِ وَجْهَ اللَّهِ ، بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ »

“Barangsiapa yang membangun masjid demi mencari wajah Allah, niscaya Allah bangunkan rumah baginya di surga” (Terdapat dalam Ash-Shahihain).

Membangun masjid atau mendermakan tanah wakaf untuk dibangunkan masjid menjadi jenis amal jariah yang dapat anda kerjakan. Sebab masjid yang dibangun di atas tanah pemberian anda akan dipakai sebagai sarana ibadah.

Tempat melakukan amalan dan perbuatan-perbuatan baik dan tentunya sangat bermanfaat dan membantu orang sekitar hal inilah yang kemudian akan menjadi ladang pahala bagi anda meskipun kelak anda meinggal dunia.

2. Menggali Sumur

pesantren juga sedang membuat sumur :

Meskipun terlihat sepele namun, siapa sangka bahwa mengali sumur menjadi amalan yang termasuk kedalam sedekah jariah. Sebagaigama Rasulullah SAW bersabda :

“Barangsiapa yang menggali sumur, (kemudian) tidaklah setiap yang memiliki ruh, baik dari kalangan manusia, jin, dan burung yang minum dari sumur tersebut, melainkan Allah (pasti) akan membalasnya kelak di hari Kiamat.”

3. Mencetak Buku yang Bermanfaat

Mencetak buku yang bermanfaat terutama yang berhubungan dengan ilmu agama dan ajaran kebaikan menjadi salah satu jenis sedekah jariah. Ilmu yang bermanfaat yang ada didalam buku akan memberikan pahala yang mengalir kepada anda.

4. Membangun Rumah Bagi Ibnu Sabil

Ibnu sabil atau lebih dikenal sebagai musafir, memang banyak ditemui pada masa Rasulullah. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa saat inu masih ada dan ditemui para musafir.

Karena itu mebangun sebuah rumah yang diperuntukan bagi para musafir ini juga termasuk kedalam sedekh jariah yang amalannya tidak akan terputus.

5. Sedekah yang Dikeluarkan Ketika ia Hidup dan dalam Kondisi Sehat

Sedekah atau memberikan sebagian harta secara iklas juga merupaka salah satu jenis sedekah jariah. Sebagaimana dalam Firman Allah SWT :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya:

“Perumpamaan orang -orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai:tumbuh seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al- Baqarah ayat 261)

6. Ilmu yang Diajarkan

Selain buku yang bermanfaat, ilmu yang bermanfaat yang diajarkan kepada orang lain juga akan menjadu amalan dan sedekah jariah bagi anda kelak. Sebab ilmu yang bermanfaat akan senantiasa membawa seseorang menuju jalan kebaikan. Tentunya amalan nya akan erus mengalir kepada anda yang dengan ikhlas mengajarkan ilmu yang bermanfaat tadi.

7. Mushaf Al-Quran yang Diwariskan

Dari Abu Hurairah Berkata, Beliu bersabda :

«إِنَّ مِمَّا يَلْحَقُ الْمُؤْمِنَ مِنْ عَمَلِهِ وَحَسَنَاتِهِ بَعْدَ مَوْتِهِ عِلْمًا عَلَّمَهُ وَنَشَرَهُ وَوَلَدًا صَالِحًا تَرَكَهُ وَمُصْحَفًا وَرَّثَهُ أَوْ مَسْجِدًا بَنَاهُ أَوْ بَيْتًا لِابْنِ السَّبِيلِ بَنَاهُ أَوْ نَهْرًا أَجْرَاهُ أَوْ صَدَقَةً أَخْرَجَهَا مِنْ مَالِهِ فِي صِحَّتِهِ وَحَيَاتِهِ يَلْحَقُهُ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ»

“Sesungguhnya termasuk amalan dan kebaikan orang mukmin yng masih mengalir pasca kematiannya adalah ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, atau anak shalih yang ditinggalkannya, atau mushhaf al-Qur`an yang diwariskannya, atau masjid yang dibangunnya, atau rumah singgah bagi para musafir yang dibangunnya, atau sungai yang dialirkannya, atau sedekah yang dkeluarkan dari hartanya saat sehatnya dan di masa hidupnya, (semua itu) masih mengalir kepadanya pasca kematiannya. ” (HR. Ibnu Majah; Shahih at-Targhib).

8. Mendirikan Panti Asuhan

Dalam Al-Quran tercacat sebanyak 32 kali mengenai anak yatim disebut. Tentunya ini merupakan berkah bagi mereka dan sekaligus menjadi ladang amalan bagi kita.

Sebagaimana salah satu jenis sedekah jariah yang akan selalu mengalirkan pahala kepada anda ialah membangun panti asuhan, merawat dan memberi maka para anak yatim piatu.

Sebab dalam islam anak yatim memiliki derajat utama dan yang paling haris diperhatika setelah orang tua kandung sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut :

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, …,”

(Q.S. An Nisaa 4:36)

9. Memberi Makan dan Minum

Berdasarkan sabda beliau :

« أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ سَقْيُ الْمَاءِ »

“Sebaik-baik sedekah adalah memberi air minum.” (HR. Muslim).

Sesunggunya Nabi ketika ditanya bagaimana islam yang baik itu. Beliau menjawab :

« تُطْعِمُ الطَّعَامَ وَتَقْرَأُ السَّلاَمَ عَلَى مَنْ عَرَفْتَ وَمَنْ لَمْ تَعْرِفْ »

“Engkau beri makan dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal maupun yang tidak kamu kenal.” (Terdapat dalam Ash-Shahihain).

10. Membuat Majelis Dzikir

Membuat majelis Dzikir menjadi salah satu jenis amal jariah yang pahalanya akan mengalir kepada anda. Sebab semua kegiatan yang dilakukan dalam majelis dzikir merupakan kegiatan yang berlandaskan ajaran agama islam. Maka sudah pasti terkandung nilai.kebaikan dan kebajikan yang mendatangkan pahala bagi para pelakunya.

jenis sedekah jariah sebagai ladang meraup pahala. Tentu akan semakin menambah pengetahuan dan referensi bagi anda untuk dapat semakin memahami mengenai agama islam. Semoga semakin membuat kita senantiasa untuk berbuat kebaikan dan mengamalkan ajaran islam.

Barakallahu fiik 🙏🙏😊

– —- – – – – – —- ——— —- — – — —-
🖥 FB : https://www.facebook.com/ponpestahfidzdanteknologi/
📲 WA 085290981234 # Rekening BSM👉🏽7201002006
══════ ❁✿❁ ══════
🎯Profil Lengkap Ponpes 👉🏻http://darulfithrah.com/profil-darul-fithrah-pondok-pesantren-tahfidz-berbasis-it/
*Lokasi Ponpes Nuricik 03/05 Grajegan Tawangsari Sukoharjo Jawa tengah
⬇️⬇️⬇️
https://goo.gl/maps/QLtPaVw6aju
🎯Program Donasi👉http://darulfithrah.com/masjidpenghafalquran/
=====================
Mohon bantu share..

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman Terbaru

khutbah bahasa inggris kelas 12 dan kelas 9 akan dilaksanakan pada 18 oktober

Daurah Hifdzut Tanzil Daurah Tahfidz 10 hari 5 juz

HASIL UJIAN SELEKSI PPSB 2018

PENGUNJUNG

Arsip