SEKILAS INFO
: - Jumat, 29-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
Antara Teknologi dan Rusaknya Zaman

Teknologi sudah sangat berkembang, sangat cepat bahkan melampaui perkembangan individu manusia.
Kehadirannya sangat cepat sekali dirasakan, ibarat angin yang berhembus ia mengenai siapa saja yang dilewatinya, yang mau atau tidak mau kita juga harus mengikutinya.
Kita tidak dapat menyalahkan teknologi karena teknologi hanyalah sarana yang bisa kita manfaatkan untuk membantu kita menyelesaikan masalah-masalah kehidupan. Namun realitanya semakin canggihnya teknologi membuat kita semakin bingung dan semakin susah untuk membedakan mana yang baik dan buruk, sehingga hal itulah yang menyebabkan perilaku-perilaku manusia dapat dengan mudahnya dibentuk oleh teknologi itu sendiri.
Zaman dulu orang tidak mengenal adanya media² bernama YouTube,Tik tok atau Instagram, namun sekarang seolah-olah mereka² itu adalah makanan setiap hari yang harus di konsumsi. Hiburan bukan lagi pergi rekreasi ke suatu tempat bersama keluarga atau teman. Namun hiburan ada di depan mata tinggal “klik” maka hiburan sudah tersedia di depan mata, dan siap untuk dinikmati.
Semakin ke sini kita semakin melihat banyak diantara saudara-saudara Muslim kita yang terjebak dalam jurang yang bernama teknologi. Padahal teknologi itu sendiri diciptakan untuk mempermudah manusia, bukan untuk merusak dan menyulitkan pekerjaan.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ : أَنْ يُرْفَعَ العِلْمُ وَيَثْبُتَ الجَهْلُ ، وَيُشْرَبَ الخَمْرُ ، وَيَظْهَرَ الزِّنَا

Anas bin Malik berkata, “Rasulullah SAW bersabda: ‘Di antara tanda-tanda terjadinya hari kiamat yaitu diangkatnya ilmu, kebodohan merajalela, banyaknya orang yang meminum minuman keras, dan zina dilakukan dengan terang-terangan.” (HR Muslim).
Maka dari Hadist di atas, mengingatkan kita tentang rusaknya akhir zaman yang salah satunya dapat disebabkan oleh sebuah teknologi yang tidak digunakan semestinya

Coba pikirkan kenapa para ulama terdahulu mampu mendidik murid-muridnya sehingga menjadi orang-orang yang mampu melahirkan peradaban Islam yang gemerlang? Bahkan di era itu, teknologi belum secanggih sekarang, fasilitas juga belum selengkap sekarang, namun kenapa mereka bisa seberhasil itu?

Memang dulu sarana dan prasarana untuk mencari ilmu tidak secanggih zaman now. Serba manual dan menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Namun perlu kita tahu bahwa di balik sarana terbatas itu, hidup dan perjuangan mereka tertempa dengan baik sehingga melahirkan teknologi internal yang jarang dimiliki secara kolektif oleh orang-orang kekinian.

keimanan, keikhlasan, kesabaran, keuletan, kegigihan, tak gampang menyerah adalah kunci yang jarang sekali dimiliki oleh manusia abad ini.
Ilmu-ilmu mereka tersimpan dalam hati, pikiran dan karya tulis. Sedangkan kita sekarang, kebanyakan ilmu berada di luar diri, dikemas dalam bentuk buku standar atau didigitalisasi. Perlu kita tahu, semakin canggih teknologi jika tidak cermat dalam menggunakannya malah melahirkan budaya instan. Pada gilirinnya akan muncul generasi yang malas mencari ilmu, gampang melempem, masuk angin dan tidak tangguh dalam berjuang
Maka tak heran jika dibandingkan dengan generasi sekarang kita sangat jauh tertinggal dengan generasi para salaf terdahulu walau kita hidup bergelimang dengan banyak kemudahan namun justru kemudahan itu yang membuat kita lalai ternyata dibalik sebuah kemudahan selalu ada kesulitan yg harus diperjuangkan. و الله اعلم

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip