SEKILAS INFO
: - Kamis, 28-03-2024
  • 1 minggu yang lalu / Telah di buka SEDEKAH BUKA PUASA UNTUK SANTRI Darul Fithrah, mari kita raih pahala sebanyak banyaknya salah satunya dengan memberi makan dan minum orang yg berpuasa di bulan Ramadhan yg mulia ini.
  • 1 minggu yang lalu / Bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an , mari kita gunakan waktu di bulan Ramadhan ini untuk memperbanyak membaca dan mentadabburi isi Al Qur’an.
  • 2 bulan yang lalu / Bingung pilih pondok Tahfidz atau pondok IT ? di Darul Fithrah kamu bisa dapat keduanya. Lebih Efektif & Efisien
Arwaul Gholil | Kitab Hadits Karya al-Bani

RESENSI KITAB

Kartu Tanda Buku (KTB)

Judul              : Arwaul Gholil

Pengarang    : Muhammad Nashiruddin al-Bani

Penerbit         : Maktabah al Islami

Tahun            : 1985 M/1405 H

Jilid                 : 9 jilid

ISBN               : 450638

Peresensi      : Ahmad Shiddiq

Sebab penulisan kitab

Urgensi kitab

            Kitab Arwaul Gholil adalah salah satu kitab hadits karangan Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Bani yang sangat terkenal masa kini. Ini adalah kitab yang membahas tentang kedudukan hadits-hadits shohih dan dhoif yang diriwayatkan oleh imam muhadits diantaranya sebagai berikut. Imam Bukhori, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Ahmad, Baihaqi, Daruqutni, Abu Daud, Ibnu Majah, Ibnu hiban, Hakim, dan lainnya. Hadits yang dicantumkan adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan ibadah dan muamalah. Urgennya kitab ini adalah karena memudahkan bari para penuntut ilmu, guru, ulama dalam membahas permasalahan ibadah dan muamalah melalui dalil hadits-hadits Rasulullah SAW.

Biografi pengarag

Berikut ini akan saya uraikan secara singkat tentang biografi pengarang kitab ini (Arwaul Gholil).

 

 

  • Nama lengkap

            Nama lengkap beliau adalah Muhammad Nashiruddin al-Bani. Beliau dari qobilah keluarga Zuhair, dan mereka tersambung dengan nasab qobilah Bani Shokhr.

 

 Kelahiran dan Wafat

Lahir di Mesir pada tahun 1275 H dan wafat tahun 1353 H pada malam i’dul fitri awal bulan syawal.

Guru-gurunya.

  1. Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad bin Mani’ (1307 H)
  2. Syaikh Muhammad bin Umar bin Salim (1308 H)
  3. Syaikh Sholih bin Firnas bin Abdurrahman bin Firnas (1336 H)

Muridnya.

  1. Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz ar Rosyid

Pakar dalam ilmu dan mazhab

Syaikh Nashiruddin al-Bani banyak mendalami ilmu seperti ilmu al-qur’an, hadits, fikih, bahasa dan yang lainnya. Dari sekian banyak yang beliau  pelajari, Beliau lebih ahli dalam ilmu hadits, sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya banyak karya-karya beliau yang lebih dominan isinya tentang hadits-hadits dari rasulullah SAW. meskipun hadits tersebut shohih maupun dhoif. Adapun mazhab yang ikuti adalah mazhab Hanbali.

Kitab –kitab karangan lain yang terkenal :

Berikut ini karangan-karangan lain yang beliau tulis.

  1. As-Shohih sunan Abu Daud
  2. Ad-Dhoif sunan Abu Daud
  3. As-Shohih Bukhori
  4. Ad-Dhoif Bukhori
  5. Sifat sholat Nabi
  6. Tamamu al-manar
  7. Manarl as-sabil
  8. Ash-Shohih al-Bukhari

 

Isi kitab

Kitab Arwaul Gholil hanya berisi muatan hadits-haidts Rasulullah SAW dan tidak ada partikel lain selain hadits. Kitab ini juga membahas permasalahan kedudukan hadits dhoif dan hadits shohih . Hadits-hadits yang  terkait  adalah hadits tentang ibadah dan muamalah. Sumber hadits-hadits yang beliau ambil dari kitab hadits shohih bukhori, muslim, musnad imam ahmad, imam Nasa’i, imam Tirmidzi, imam Abu daud, imam Baihaqi, imam Daruqutni, imam Ibnu Majah, imam Ad Darimi, imam Ibnu Hiban, imam Hakim, dan yang lainnya.

Sebagai contoh :

Terangkat pena(catatan) dari tiga perkara : “dari tidur sampai bangun, orang gila hingga sadar, anak kecil hingga baligh”. Kedudukan hadits ini shohih. Riwayat Abu Daud (4398), Nasa’i (100/2), Darimi (171/2), Ibnu Majah (2041), Ibnu Hiban (1496), Hakim (59/2), dan Ahmad (144,101,100/6).

Kitab ini(Arwaul Gholil) terdiri dari sembilan jilid. diantaranya :

  1. Jilid pertama pembahasan hadits tentang thoharoh(bersuci).
  2. Jilid kedua pembahasan hadits tantang sholat.
  3. Jilid ketiga pembahasan hadits tantang jenazah dan zakat.
  4. Jlid keempat pembahsan hadits tentang Shoum(puasa), i’tikaf, dan haji.
  5. Jilid kelima pembahasan tentang jihad, jual beli, tanggungan
  6. Jilid keenam pembahasan hadits tantang wuqub, wasiat, faroid, perbudakan, dan nikah.
  7. Jilid ketujuh pembahasan hadits tentang khule’, talaq, ila’, zhihar, li’an, iddah, rodhoah, nafkah, jinayat, diyat, dan hudud.
  8. Jilid kedelapan pembahasan hadits tentang makanan, buruan, sumpah, qodho, persaksian, pengakuan.
  9. Jilid kesembilan Khusus daftar isi.

 

 

Metode penulisan kitab dan madzhab

            Metode penulisan kitab ini(Arwaul Gholil) dengan artikel-artikel dari hadits rasulullah SAW. tidak ada artikel-artikel lain seperti al qur’an, ijma’ sahabat, dan juga perkataan-perkataan para ulama. Kemudian metode selanjutnya yakni pembahasannya perkitab yang perkitabnya diikuti dengan bab. Dalam penulisan hadits, beliau mengurutkan mulai dari huruf alif(ا) dan diakhiri huruf ya(ي), ini bisa kita lihat dalam kitabnya di jilid sembilan. Dijilid sembilannya beliau menulis khusus tentang daftar isi kitab.

Kesimpulan dan penutup

            Kitab ini (Arwaul Gholil) adalah salah satu kitab hadits yang dikarang oleh Syaikh Nashiruddin al-Bani rahimahullah. Kitab ini membahas tentang kedudukan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh para imam Muhaditsin seperti imam Bukhori, imam Muslim, imam Ahmad, imam tirmizdi, imam Nasa’i, imam Abu Daud, imam Baihaqi, imam Daruqutni, imam Ibnu Majah, imam Ibnu Hiban, imam Hakim dan yang lainya. Selain itu, hadits-hadits yang dibahas adalah tentang perkaral-perkara ibadah dan muamalah. Wallahu a’lam bis showwab

Corected by: iRist

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Arsip