SEKILAS INFO
: - Selasa, 22-09-2020
  • 1 bulan yang lalu / Kajian Kitab Safinatun Najah

keutamaan belajar bahasa arab

Tidak perlu diragukan lagi, sudah sepantasnya setiap muslim mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya. Karena pedoman hidup seorang muslim adalah Al Qur’an yang Allah B jadikan dengan bahasa Arab. Allah B berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”. (Q.S. Yusuf: 2). Begitu pula hadits Nabi E sebagai sumber hukum kedua pun dalam bahasa, begitu juga kitab-kitab pada ulama.

Karakter dan keistimewaan bahasa Arab

1 . Bahasa yang Allah pilih sebagai bahasa firman-Nya dan bahasa nabi-Nya yang terakhir

Allah dengan ilmu-Nya yang Maha Luas dan kebijaksanaan-Nya yang Maha Sempurna, telah memilih bahasa arab sebagai bahasa firman-Nya yaitu Al Qur’an dan memilih rasul terakhir, Nabi Muhammad E dari bangsa Arab dan berbicara dengan bahasa Arab.

Jika seandainya tidak ada keistimewaan bahasa arab kecuali satu keistimewaan ini saja, niscaya cukup untuk menunjukkan bahwa bahasa arab adalah bahasa yang agung lagi mulia.

2. Bahasa yang selalu Allah jaga sepanjang masa

Kaum muslimin yang memahami bahasa Arab saat ini, ia mampu memahami perkataan orang –orang Arab 1 5 abad yang lalu. Hal ini adalah
fakta yang tak terbantahkan.Bukankah hadits-hadits nabi dan perkataan para sahabat yang terucap 1 5 abad yang lalu dapat difahami oleh kita yang hidup pada zaman sekarang ini. Bahkan kitapun mampu memahami ungkapan syair-syair bahasa Arab yang ada sebelum jaman Nabi E.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang tertua didunia. Bahasa ini telah ada dan akan terus ada sepanjang masa karena Allah Ta’ala yang secara langsung menjaga dan melindunginya. Pada saat dunia menyaksikan punahnya berbagai bahasa yang ada dalam sejarah, disaat yang sama dunia akan menyaksikan terjaganya bahasa Arab sepanjang masa. Allah berfirman yang artinya, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al Qur’an dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”(Q.S. Al Hijr: 9)

3. Bahasa yang ringan dan sederhana.

Banyaknya penggunaan kata yang terdiri dari 3 huruf dalam bahasa Arab menunjukkan ringan dan sederhananya bahasa Arab. Hal ini sangat jelas tatkala kita mengadakan perbandingan antara bahasa arab dengan bahasa lainnya. Untuk mengungkapkan makna “orang tua laki-laki” dalam bahasa Indonesia menggunakan kata “ Ayah” yang terdiri dari 4 huruf. Dalam bahasa inggris menggunakan kata “father” yang terdiri dari 6 huruf. Adapun dalam bahasa arab cukup dengan kata “abun” yang jika ditulis dengan tulisan Arab hanya membutuhkan 2 huruf, Hamzah dan ba’. Demikian seterusnya.

Kekhususan dan keistimewaan bahasa Arab di sisi ini memiliki banyak faidah penting, diantaranya penghematan waktu, tenaga dan harta. Tentunya kata yang sedikit jumlahnya akan lebih ringan dalam pengucapan, lebih cepat dan ringkas dalam penulisan.

4. Memiliki Makhroj atau tempat keluar huruf.

Setiap huruf hijaiyyah memiliki tempat keluar masing-masing yang terbagi secara merata dari pangkal tenggorokan sampai ujung bibir. Seperti huruf hamzah yang keluar dari pangkal tenggorokan. Juga Huruf ba’ yang memiliki makroj atau tempat keluar dari dua bibir.

5. Memiliki I’rab

I’rab adalah perubahan harakat akhir suatu kata dalam bahasa Arab.Perubahan harakat akhir suatu kata berarti berubahnya makna serta kedudukan kata tersebut. Dengan demikian akan berkonsekuensi terhadap perubahan hukum yang disimpulkan dari kalimat tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pengumuman Terbaru

Daurah Karantina Persiapan 30 Juz Sekali Duduk

Daurah Hifdzut Tanzil Daurah Tahfidz 10 hari 5 juz

Arsip