SEKILAS INFO
: - Minggu, 27-02-2022
  • 1 tahun yang lalu / Kajian Kitab Safinatun Najah
Akibat Maksiat

salah satu penyebab terhalangnya kita dari berbagai macam nikmat Allah adalah sebuah tanda hitam yang menempel pada hati kita yaitu maksiat. Maksiat adalah lawan dari ketaatan atau bentuk ketidaktaatan kita kepada sang pencipta. Maksiat lah yang menyebabkan kita terhalang dari berbagai macam kebaikan termasuk terkabulnya doa dan kebaikan yang lainya. Ia ibarat sebuah kotoran yang harus segera mungkin kita singkirkan, jangan sampai kita biarkan begitu saja hingga menumpuk sampai tanpa kita sadari kotoran itu sudah menggunung sedemikian rupa.

 Harus kita pahamkan pada diri kita bahwa jika kita melakukan maksiat itu akan mempersulit hidup kita, sedari awal kita harus tahu apa saja akibat yang ditimbulkan ketika kita berbuat maksiat kepada Allah SWT. Berikut akibat yang dapat di timbulkan dari sebuah kemaksiatan :

  • yang pertama adalah maksiat akan menghalangi diri kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan

Ilmu adalah cahaya yang dipancarkan ke dalam hati. Tapi ketahuilah, kemaksiatan dalam hati kita dapat menghalangi dan memadamkan cahaya itu. Suatu ketika Imam Malik melihat kecerdasan dan daya hafal Imam Syafi’i yang luar biasa. Imam Malik berkata, “Aku melihat Allah telah menyiratkan dan memberikan cahaya di hatimu, wahai anakku. Janganlah engkau padamkan cahaya itu dengan maksiat.”

Perhatikanlah, Imam Malik menunjukkan kepada kita bahwa pintu ilmu pengetahuan akan tertutup dari hati kita jika kita melakukan maksiat.

  • yang kedua adalah maksiat akan menghalangi kita dari Rezeki

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS: Al-A’raf [7]: 96).

Dari ayat diatas dapat kita simpulkan bahwa maksiat juga penyebeb terhalangnya rezeki dan keberkahan.

  • maksiat membuat sulit semua urusan kita

Jika ketakwaan dapat memudahkan segala urusan, maka kemaksiatan akan mempesulit segala urusan pelakunya. Ketaatan adalah cahaya, sedangkan maksiat adalah gelap gulita. Ibnu Abbas r.a. berkata, “Sesungguhnya perbuatan baik itu mendatangkan kecerahan pada wajah dan cahaya pada hati, kekuatan badan dan kecintaan. Sebaliknya, perbuatan buruk itu mengundang ketidakceriaan pada raut muka, kegelapan di dalam kubur dan di hati, kelemahan badan, susutnya rezeki dan kebencian makhluk.”

Itulah sebagian dari akibat ketika berbuat maksiat kepada Allah SWT, kita yang punya banyak dosa ini harusnya kita menyadari dan segera mungkin untuk menghapus kotoran kotoran yang ada dalam diri kita dengan cara bertaubat dan kembali kepadaNya. Ketahuilah bahwa …

إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (QS. Al Baqarah: 222)

Wallahu a’lam…

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pengumuman Terbaru

Daurah Karantina Persiapan 30 Juz Sekali Duduk

Daurah Hifdzut Tanzil Daurah Tahfidz 10 hari 5 juz

Arsip